PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

UIN MY Batusangkar Jadi Mitra Penting dalam Diseminasi Informasi Pilkada 2024

Tanah Datar, Tanamonews.com - Pemilihan kepala daerah (PILKADA) tahun 2024, menjadi kesempatan yang istimewa bagi bangsa dan negara Indonesia untuk mewujudkan kehidupan demokrasi yang berkualitas sehingga hasil yang positif selama lima tahun ke depan. Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pilkada 2024 sebagai puncak pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 dimana masyarakat akan memilih calon kepala daerah.

Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Delmus Puneri Salim, Ph.D saat menghadiri Sosialisasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Tanah Datar, Rabu (16/10/2024) di Titik Kumpul Cafee Sungai Tarab. Sebagai Guru Besar bidang Politik, Prof. Delmus mengatakan Pilkada akan dititikberatkan pada Diseminasi Informasi Pilkada, dengan tujuan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat, meningkatkan akses informasi tentang peserta Pilkada, hingga meningkatkan kualitas dan kuantitas konten yang bersifat mendidik, mencerahkan, memberdayakan dan menjaga nasionalisme.

UIN Mahmud Yunus Batusangkar menjadi mitra penting dalam Diseminasi Informasi Pilkada Tahun 2024, dikarenakan banyaknya Daftar Pemilih Tambahan nantinya khususnya di wilayah Kecamatan Lima Kaum. Mengingat banyak mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang berasal dari luar kab. Tanah Datar atau seluruh wilayah Indonesia, yang berdomisili di Kab. Tanah Datar, Kec. Lima Kaum. “tegas Prof. Delmus. Lebih lanjut Guru Besar bidang politik ini menegaskan, bahwa dalam Pemilu yang berintegritas, penting bagi pemilih untuk memilih dengan kesadaran dan bukan karena hadiah atau iming-iming lainnya. 

“Agar politik identitas tidak menjadi fokus dalam Pemilu. Menurutnya, agama dan politik tidak relevan, dan sentimen kelompok keagamaan dan politik justru bisa memunculkan perpecahan dan konflik nantinya.” Sementara itu ketua KPU Tanah Datar yang diwakili Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tanah Datar, Tomas Hendriko mengemukakan, saat ini tahapan penting rangkaian Pemilihan serentak sudah dan sedang berjalan, 45 hari lagi kita akan melakukan pemungutan suara memilih kepala daerah Gubernur dan wakil Gubernur Sumbar, Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar.

Menurut Thomas, Tahapan saat sekarang dikatakannya, sudah memasuki tahapan yang cukup krusial dan sedang melakukan pencetakan kertas pemilihan, oleh sebab itu menghadapi tahapan berikutnya diperlukan sosialisasi Daftar pemilih tambahan (DPTB) pada Pemilihan Serentak Tahun 2024. Terkait dengan tahapan penetapan pemilih tetap, Thomas Hendriko menjelaskan KPU Tanah Datar sudah menetapkan dengan mengeluarkan Surat Keputusan KPU Tanah Datar tentang Daftar Calon Pemilih tetap dimana dengan DPT sebanyak 280 ribu lebih Pemilih di Tanah Datar ” tutup Thomas.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza