PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Peran Pendidikan Kewarganegaraan dan Industri Kreatif dalam Mendukung Perdamaian dan Ekonomi Asia

Tanamonews.com, Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar seri kedua dari International Public Lecture Series Eurasia Foundation dengan mengundang dua pembicara terkemuka, Muhammad Mufti Rakadia Sumaryadi, Sekretaris Pribadi Duta Besar RI untuk Uzbekistan dan Kyrgyzstan, serta Prof. Ganefri, Ph.D, Senior Eksekutif UNP. 

Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (16/10) di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat Kampus Air Tawar, Padang. Muhammad Mufti menyampaikan materi dengan tema “Pendidikan Kewarganegaraan dan Perannya dalam Mendukung Kehidupan Damai dalam Keberagaman,” sementara Prof. Ganefri membahas “Menciptakan Komunitas Asia: Peluang melalui Industri Kreatif.”

Nofrion, M.Pd, selaku PIC Eurasia UNP, menyampaikan pesan kepada mahasiswa terpilih untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan optimal. “Pentingnya memperluas wawasan global melalui narasumber dari Uzbekistan ini akan membantu mahasiswa memahami budaya, bahasa, dan membangun jaringan internasional,” ungkapnya.

Muhammad Mufti menekankan pentingnya penguasaan bahasa dalam perkembangan global. “Belajar bahasa bukan hanya untuk mengejar sertifikat, melainkan memahami budaya dan memperluas pandangan. Penguasaan beragam bahasa akan membuka perspektif dan memperluas pemikiran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mufti mengajak generasi muda untuk aktif dalam kegiatan internasional guna memperkaya pengalaman dan hubungan. “Eurasia Foundation bertujuan memperkuat jaringan internasional untuk menciptakan perdamaian dunia dan menghapus hambatan kepentingan yang memisahkan bangsa-bangsa,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Ganefri menyoroti pentingnya industri kreatif bagi komunitas Asia. Industri ini, katanya, memiliki kontribusi besar terhadap PDB, penciptaan lapangan kerja, serta pertumbuhan inovasi, teknologi, dan pariwisata. Ia juga mendorong mahasiswa untuk melihat peluang ekonomi dan kolaborasi kreatif di bidang kuliner, penerbitan sastra, seni visual, dan pameran internasional.

“Perguruan tinggi harus sigap dalam menghadapi globalisasi, disrupsi teknologi, dan perubahan regulasi. Pembelajaran kini tidak lagi sekadar menyampaikan informasi, tetapi menciptakan lingkungan yang mendorong siswa untuk berpikir mandiri, bereksperimen, dan belajar dari pengalaman,” tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza