PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Kuliah Umum mengenai Inklusi Sosial: Kolaborasi Komisi Nasional Disabilitas RI dan PLB FIP UNP

Padang, Tanamonews.com - Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (PLB FIP UNP) bersama dengan Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia mengadakan kuliah umum dengan tema “Social Inclusion bagi penyandang disabilitas di perguruan tinggi” yang diselenggarakan melalui kuliah umum pada hari Jumat. , 11 Oktober 2024 lalu. 

Acara ini dilaksanakan di aula lantai 4 FIP UNP, yang dihadiri oleh 300 peserta termasuk dosen dan mahasiswa Departemen PLB, serta mahasiswa penyandang disabilitas yang terdaftar menjadi mahasiswa UNP. Acara ini juga ditampilkan sekaligus dibuka oleh Wakil Rektor 4 UNP, Dr. rer. nat. Deski Beri, S.Si, M.Si dan Wakil Dekan 1 FIP UNP, Dr. Hanif Al Kadri, M.Pd. Kuliah umum ini juga menghadirkan langsung Ketua Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia sekaligus pembicara yaitu Dr. Dante Rigmalia, M.Pd. Dalam materi yang diberikan, Dr. Dante Rigmalia, M.Pd menyampaikan bahwa Inklusi Sosial atau inklusi sosial merupakan proses meningkatkan partisipasi dalam masyarakat bagi kelompok marjinal berdasarkan usia, jenis kelamin, disabilitas, ras, etnis, asal usul, agama, atau status ekonomi atau status lainnya, melalui peningkatan peluang, akses terhadap sumber daya, suara dan penghormatan terhadap hak. 

Dalam hal ini Inklusi memastikan bahwa penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan sesuai kemampuan dan keinginan mereka. Dijelaskan juga bahwa salah satu peran penting lingkungan pendidikan terhadap upaya peningkatan tingkat inklusi sosial adalah dengan penerapan pendidikan inklusi dalam instansi pendidikan. Acara ini didukung secara penuh oleh Dekan FIP UNP yakni bapak Prof. Dr. Afdal, M.Pd., Kons., sehingga acara ini berjalan dengan lancar, dan mendapat umpan balik positif dari peserta, yang kemudian pulang dengan membawa pengetahuan terkait Inklusi Sosial bagi penyandang disabilitas di perguruan tinggi.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza