PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

UNP Gelar Program Bantuan Pengembangan Program Studi Menuju Standar Mutu Internasional

Tanamonews.com, Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menegaskan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia dengan menyelenggarakan Program Bantuan Pengembangan Program Studi Memenuhi Standar Mutu Internasional tahun 2024 -Skema A di UNP Hotel and Convention Center.

Acara yang digelar dari tanggal 9-15 September 2024 itu sebagai bagian dari kerjasama antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti Ristek-Kemendikbudristek dan UNP dimana pesertanya berasal dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Pancasila, Universitas Riau, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Manado, dan Universitas Teuku Umar. 

Acara ini juga mendatangkan sejumlah pemateri, dimana pada hari pertama ini diisi oleh Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng, Ph.D dengan materi Menuju Standar Mutu Internasional, kemudian Dr. Kasmita, S.Pd, M.Si terkait Strategi dan Peta Jalan Universitas Menuju Akreditasi Internasional.

Dalam sambutannya, Rektor UNP, Krismadinata Ph.D., menekankan pentingnya penerapan standar internasional dalam pendidikan tinggi. "Kenapa kita harus bersusah payah menerapkan standar internasional? Karena kita kita perlu memahami standar internasional agar lulusan kita memiliki kualitas yang diakui di level global. Dengan begitu, meskipun mereka bekerja di dalam negeri, kompetensinya tetap setara dengan standar internasional,” ujar Krismadinata.

Rektor Kris juga menambahkan bahwa penerapan standar internasional akan mempermudah kerja sama dengan universitas luar negeri, khususnya dalam hal penerimaan mahasiswa asing. “Kerja sama dengan universitas luar negeri akan lebih mudah terjalin jika kita menjaga standar mutu pendidikan kita. Ini tentunya akan membuka peluang bagi mahasiswa asing untuk memilih UNP sebagai tempat belajar mereka,” terang beliau.

UNP sendiri telah menunjukkan prestasinya dalam bidang akreditasi internasional dengan memiliki sebanyak 26 program studi yang telah terakreditasi internasional. Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa UNP mampu memenuhi standar mutu pendidikan global dan siap bersaing di tingkat internasional. Keberhasilan ini juga menjadi motivasi bagi perguruan tinggi lain di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

Diketahui Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pimpinan perguruan tinggi, fakultas, dan program studi dalam mempersiapkan akreditasi internasional. Selain itu, program ini juga memberikan pendampingan dalam merancang dan mengimplementasikan Outcome-Based Education (OBE) secara menyeluruh di perguruan tinggi. 

Di samping itu, acara ini juga bertujuan untuk membantu perguruan tinggi mengembangkan sistem dan manajemen mutu program studi yang sesuai dengan persyaratan akreditasi internasional. Hal ini diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas program studi di berbagai perguruan tinggi Indonesia, sehingga dapat meraih pengakuan internasional dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi global.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza