PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Kembangkan E-Modul Hypercontent, Dosen UNP Tingkatkan Kualitas Pendidikan Di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

TANAMONEWS.COM - SMP Pembangunan Laboratorium adalah salah satu SMP Swasta yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Pembangunan Laboratorium Padang (YPPLP) Universitas Negeri Padang (UNP), yang sekaligus menjadi sekolah laboratium, yang berguna bagi kepentingan pengembangan penelitian-riset pendidikan, baik pada aspek model, pendekatan, strategi , metode maupun teknik pembelajaran, hingga pada aspek manajemen sekolah dan pengembangan teknologi pembelajaran. 

Belajar dari pengalaman pada saat Pandemi COVID-19, SMP ini telah merasakan dampak yang sangat signifikan, sehingga proses pembelajaran tidak bisa berjalan maksimal karena adanya aturan yang mengatur aktivitas di luar rumah, yang kita kenal dengan Work from Home (WFH) dan Study from Home ( SFH). Segala upaya untuk menjaga keberlangsungan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru saat itu, sangat membutuhkan dukungan teknologi pembelajaran online/ Daring. 

Kepala SMP Pembangunan Laboratorium UNP, Marlini M.Pd, mengungkapkan bahwa pembelajaran sangat berharga diperoleh dari Pandemi Covid-19, maka sejak saat itu berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru TIK yang berguna bagi keberhasilan pembelajaran siswa, dan selain itu sejak tahun 2022, SMP Pembangunan Laboratoriun UNP berhasil memperoleh kesempatan sebagai sekolah penggerak, yang menjadi rujukan bagi sekolah lainnya dalam pengelolaan pendidikan dan penyelenggaraan pembelajaran. 

Setelah berdiskusi hangat dengan Pimpinan Sekolah dan perwakilan Guru, tentang peningkatan kualitas sumber daya Guru di sekolah, maka terungkap bahwa peningkatan keterampilan guru dalam strategi pembelajaran dengan dukungan teknologi menjadi topik yang menarik untuk diimplementasikan. Kemudian Tim Pengusul yang diketuai oleh Bapak Drs. Hanesman, dari Teknik, dengan anggota Dr. Muhammad Adri, S.Pd, MT, Drs. Almasri, MT (Fakultas Teknik), Dr. Yenni Kurniawati, S.Si (FMIPA) mengusulkan Program Pengembangan Produk Unggulan Perguruan Tinggi (P3UPT).

Dengan Judul Strategi Pembelajaran berbasis e-Modul Hypercontent dan Pembinaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Guru di SMP Pembangunan Laboratorium UNP melalui Pendanaan Tahun 2024 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabidian kepada Masyarakat (LP2M) UNP, sebagai sebuah agenda yang sangat mendesak dan mendesak untuk dilaksanakan untuk mempercepat terselenggaranya inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. 

Kekuatan utama dalam usulan ini adalah implementasi e-Modul Hyperconten dan HKI bagi guru, yang merupakan kekuatan utama dalam usulan ini adalah implementasi e-Modul Hyperconten dan HKI bagi guru, yang merupakan topik pengabdian yang relatif baru dan hangat serta memberikan luaran nyata bagi peningkatan kualitas guru dan pendidikan, menjadi faktor lolosnya usulan P3UPT ini pada tahun Anggaran 2024. Pelaksanaan kegiatan P3UPT ini dimulai pada tanggal 3 Agustus 2024 dan berlangsung hingga 31 Oktober 2024, yang setara dengan 45 Jam Pelatihan bagi Guru di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. 

Pembukaan Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu/ 3 Agustus 2024 yang dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UNP, Prof. Mawardi, M.Si, Kepala SMP Pembangunan Laboratorium UNP, Marlini, TMPd, Ketua dan Tim Pelaksana P3UPT Drs. Hanesman, MM, Dr. Muhammad Adri, MT, Dr. Yenni Kurniawati, S.Si dan Drs. Almasri, MT Dalam laporannya, Ketua Pelaksana, Dr.s Hanesman, MM, menyampaikan bahwa P3UPT yang diusulkan merupakan lanjutan dari berbagai kegiatan Penerapan IPTEKS yang telah dilaksanakan sebelumnya, seperti Pelatihan Video Lecture (2022).

Dan Pengembangan LMS (2023), maka untuk melengkapi konten pembelajaran yang dilakukan oleh guru, maka e-Modul Hypercontent menjadi lanjutan pengembangan SDM yang menarik serta melindungi karya guru ini melalui HKI. Sejalan dengan laporan ketua pelaksana, Kepala SMP Pembangunan Lab. UNP, Marlini, T., M.Pd, menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh tim P3UPT yang senantiasa memberikan dukungan kepada SMP ini, dan berkelanjutan yang dirintis sejak 2018 yang lalu. 

Kemudian dalam Upacaranya, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M UNP, Prof. Mawardi, M.Si, yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi, menyampaikan agar ada upaya-upaya peningkatan kualitas sekolah pembangunan laboratorium UNP, karena merupakan sekolah yang berada di bawah perlindungan Universitas Negeri Padang yang sejatinya sudah menjadi kewajiban bagi seluruh dosen dan pengambil kebijakan UNP menjadikan sekolah pembangunan ini menjadi sekolah unggulan, tidak hanya di Kota Padang, namun juga di Sumatera Barat. 

Kegiatan P3UPT ini berlangsung selama 2 tahun anggaran, yaitu 2024 – 2025. Pada tahun pertama 2024 ini fokus pada pengembangan e-Modul Hypercontent dan upload ke LMS SMP Pembangunan Lab. UNP, sedangkan pada tahun kedua 2025, akan fokus pada implementasinya dalam pembelajaran dan pendaftaran HKI Guru dalam pengembangan e-Modul Hypercontent tersebut ke Kementerian Hukum dan HAM RI.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza