PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

570 Mahasiswa Baru PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024 Sekolah Pascasarjana UNP Ikuti Orientasi

Tanamonews.com, Padang - sebanyak 570 Mahasiswa baru Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP) gelombang 2 tahun 2024 mengikuti Orientasi Perkenalan Pimpinan bagi mahasiswa baru PPG pada Kamis (5/9/2024) di Auditorium UNP.

Rektor UNP yang dalam hal ini diwakili Wakil Rektor (WR) I, Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt mengatakan PPG merupakan program wajib bagi mereka yang ingin menjadi guru. Sehingga para calon guru harus tahu bagaimana profesionalisme guru di abad 21.  

Saya disini mewakili Pak Rektor mengucapkan permohonan maaf kepadanya karena tidak bisa hadir bersama kita di sini. Beliau juga berpesan agar dapat mengikuti kegiatan PPG ini dengan serius, tidak main-main, tidak setengah-setengah sehingga benar-benar bisa menjadi guru-guru profesional dan beliau juga berharap teman-temannya sekalian bisa lulus dengan nilai yang baik,” ungkap Dr. Refnaldi sambil memberikan Berharga.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa guru merupakan jabatan profesional yang hal ini sudah dijelaskan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 dan diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 17 Tahun 2007 tentang kualifikasi standar kompetensi guru. Pada kesempatan itu, ia juga memperkenalkan unsur pimpinan UNP yanh hadir pada acara tersebut.

Koordinator PPG, Dr.Andromeda. M.Si melaporkan bahwa total mahasiswa baru PPG UNP Semester Juli-Desember 2024 sebanyak 10.606 mahasiswa dimana terdiri dari PPG Guru Tertentu (PPG Dalam Jabatan) sebanyak 10.036 mahasiswa dan 570 mahasiswa PPG Calon Guru (PPG Prajabatan). “Alhamdulillah UNP diberi kepercayaan menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru baik bagi guru dalam jabatan maupun prajabatan. Jika ditotalkan jumlah mahasiswa PPG Pascasarjana UNP saat ini sebanyak 12.210 mahasiswa,” ungkapnya saat membacakan laporannya.

Pada kegiatan yang digelar dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB itu diberikan sejumlah materi diantaranya materi mengenai kurikulum dan sistem pembelajaran PPG Prajabatan oleh Dr. Andromeda, M.Si, Dr. Fitri Arsih, M.Pd dan Prof. Yerimadesi, M. Ya. Selanjutnya materi Layanan Administrasi dan Prosedur LMS oleh Iqbal Amru, SE dan Trihanto, S.Pd.

Kemudian Lesson Study dan Penguatan Kompetensi Guru Profesional oleh Dr. Nofrion, M.Pd. dilanjutkan Materi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Arna Vera, M.Pd fasilitator Guru penggerak dan kepsek SMPN 31 padang dan yang terakhir materi mengenai Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Dr. Fatmariza, M.Hum. Turut tampak hadir dalam acara itu, WR II, WR III, Direktur Pascasarjana, Dekan di Lingkungan UNP, Koordinator PPG dan Direktur serta Kepala Badan kemudian Pimpinan lain di lingkungan UNP.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza