PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

UNP Jalin Kerja Sama di Bidang Inovasi Pembelajaran dengan ALSI dan World Association of Lesson StudyWals

Tanamonews.com - Presiden Asosiasi Lesson Study Indonesia/ALSI, Arif Hidayat, Ph. D., Ed berkunjung ke Universitas Negeri Padang pada tanggal 4 – 6 Agustus 2024. Agenda selama di UNP adalah menjadi narasumber terkait pengembangan pembelajaran dengan menggunakan platform STEM di program studi Fisika, FMIPA UNP. Setelah kegiatan tersebut, Presiden ALSI yang merupakan lulusan dari Hiroshima University, Japan ini mengadakan diskusi dengan Subdit Inovasi Pembelajaran dan MBKM UNP dalam rangka pengembangan pembelajaran dan penerapan Lesson Study di kampus Alam Takambang jadi Guru. 

Diskusi yang diadakan pada hari Senin, 5 Agustus 2024 tersebut diadakan di Ruang Teleconference, Gedung Pustaka Digital UNP dihadiri oleh Alumni STOLS JICA Japan tahun 2013 – 2017 dari Universitas Negeri Padang dan dosen alumni program Kemitraan Dosen dengan Guru di Sekolah/KDS. Dalam pengantarnya, Kepala Subdit. Inovasi Pembelajaran dan Merdeka Belajar, Direktorat Akademik UNP Dr. Nofrion, M. Pd menjelaskan bahwa Lesson Study telah lama diterapkan di Universitas Negeri Padang oleh alumni STOLS dari UNP yang berjumlah enam orang yaitu, Dra. Fitrani Dwina, M. Ed, Dr. Nofrion, M. Pd., Dr. Marwan, M. Si, Dr. Delmira Syafrini, MA., Dr. Muhyiatul Fadhilah, M. Si dan Prof. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph. D. 

Namun, hal itu dirasa belum cukup optimal apalagi dengan pesatnya perkembangan Lesson Study di banyak negara maju di Dunia seperti Jepang, Inggris, Hongkong dan Singapore. Menyikapi hal tersebut, Presiden ALSI menegaskan bahwa UNP dapat bekerja sama lebih erat dan produktif dengan ALSI dalam menerapkan Lesson Study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalitas dosen secara berkelanjutan. Selain itu, Arif Hidayat, Ph. D., Ed D yang sehari - hari adalah dosen di Universitas Pendidikan Indonesia/UPI tersebut juga menawarkan peluang kerja sama dengan asosiasi Lesson Study dunia atau WALS, serta AAD ( Asia Afrika Dialogues). 

Pada kesempatan tersebut, Presiden ALSI juga menawarkan kepada UNP untuk menjadi tuan rumah Rapat Pengurus Pusat ALSI secara Hybrid yang direncanakan tanggal 14 Agustus 2024. Universitas Negeri Padang menyambut baik tawaran yang disampaikan oleh Presiden ALSI tersebut. 

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza