PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tim PKM FEB UNP Adakan Pelatihan Strategi Pembelajaran Inovatif dan Media Berbasis Teknologi di SMP Negeri 10 Payakumbuh

Tanamonews.com, Padang - Guna mendukung peningkatan pendidikan melalui peningkatan kualitas pembelajaran Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan pelatihan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif berupa aplikasi canva.

Kegiatan PKM yang diketuai Nita Sofia, S.Pd, M.Pd.E, dan anggota Mentari Ritonga, S.Pd, M.Pd.E dan Silvi Delfiani, SE, MM ini dilaksanakan pada tanggal 26 - 27 Juli 2024 lalu di SMP Negeri 10 Payakumbuh. Nita mengatakan Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan kompetensi guru dan penyediaan sarana pembelajaran. “Upaya yang dilakukan dalam peningkatan kualitas pendidikan tersebut sebenarnya saling berkaitan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dapat berupa peningkatan kompetensi guru, pembaharuan kurikulum dan penyediaan sarana dan prasarana,” ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Senin (5/8/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan pemilihan SMP Negeri 10 Payakumbuh sebagai lokasi PKM kali ini dilatarbelakangi sekolah tersebut merupakan sekolah tingkat menengah negeri yang termuda di Payakumbuh. Didirikannya SMP N 10 Payakumbuh diharapkan dapat menjadi salah satu sekolah yang dapat menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas sehingga meningkatkan mutu pendidikan di Kota Payakumbuh. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan tersebut diperlukan kompetensi guru yang baik.  

“Pada hari pertama kegiatan PKM diawali dengan kegiatan pembukaan dan pemberian materi oleh satu orang narasumber. Pembukaan kegiatan PKM yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril, M.Pd dan Pengawas Sekolah yaitu Irmatati, M.Pd.E. Dalam kegiatan pembukaan, Tim PKM juga memberikan kenang-kenangan untuk SMP N 10 Kota Payakumbuh yang diterima oleh Kepala SMP N 10 Payakumbuh Tri Kasmiarti, S.Pd. Setelah acara dibuka dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Mentari Ritonga, S.Pd, M.Pd.E mengenai pelatihan penerapan Kurikulum merdeka,” terangnya.

Selanjutnya pada hari kedua kegiatan PKM materi yang diberikan oleh dua narasumber yaitu mengenai Strategi Pembelajaran Inovatif oleh Rani Sofya, S.Pd, M.Pd yang merupakan salah satu Dosen Pendidikan Ekonomi FEB UNP. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan tanya jawab dengan narasumber pertama. Selanjutnya materi kedua yaitu pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif oleh Viki Agustian, S.Pd, Gr. Kegiatan terakhir yaitu penutupan PKM serta pemberian hadiah kepada dua peserta PKM terbaik. “Semoga kegiatan PKM yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah,” tambah ketua PKM itu.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza