PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tim PKM Departemen Biologi UNP Gelar Pelatihan Fotografi

Tanamonews.com, Padang - Dalam rangka melaksanakan salah satu tridharma perguruan tinggi berupa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Tim PKM Departemen Biologi Universitas Negeri Padang (UNP)  melakukan pelatihan fotografi sebagai upaya pelestarian Biodiversitas di  Nagari Kasang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Kamis, 1 Agustus 2024.

Kegiatan yang diketuai oleh  Sandi Fransisco Pratama M.S ini menghadirkan narasumber Reki Kardiman, Ph.D selaku pakar Konservasi Sumber Daya Alam dan Relsas Yogica M. Pd selaku pakar Media Dan Inovasi Pembelajaran. Menurut Sandi Fransisco Pratama M.Sc, pelaksanaan PKM ini merupakan hibah Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) dari Universitas Negeri Padang tahun 2024. Tim pengabdian beranggotakan Reki Kardiman P.hD., Rijal Satria P. hD, serta beberapa mahasiswa, Dwi Khayrun Nissha, Hijratul Hasanah, Novicka Putri Anggraeni, Arvy Anggara, Nagra Aulia Valofi, Mhd. Alfaris Pratama, Arya Bintang Ramadhan dan Muhammad Nazif Zen.

“Saat ini, Nagari Kasang memiliki keanekaragaman hayati yang terjaga dengan baik, sehingga sangat penting untuk menjaga dan melestarikannya. Salah satu cara untuk menjaga kelestariannya adalah dengan memperkenalkan keanekaragaman tersebut kepada pelajar sejak dini. Pelatihan fotografi merupakan salah satu metode yang menyenangkan untuk mengenalkan dan mendokumentasikan keanekaragaman tersebut,” ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Selasa (30/7/2024).

Dalam Kegiatan Fun Fotografi On Biodiversitas, Wali Nagari Kasang Ali Buzar Tanjung menjelaskan, kegiatan yang dilakukan Departemen Biologi ini sangat memberikan manfaat bagi generasi muda di Nagari Kasang. “Nagari Kasang berbatasan langsung dengan Kota Padang, dan sebagai daerah yang bersebelahan dengan kota, transfer budaya berlangsung dengan mudah dan cepat. Sehingga penting untuk menyediakan wadah yang positif agar transfer budaya tidak berdampak negatif. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah positif bagi generasi muda di Nagari Kasang,” jabarnya.

Sri Wahyuni selaku Kepala Sekolah SDN 19 Batang Anai, tempat dilaksanakannya kegiatan ini, sangat mendukung terlaksananya kegiatan. Menurutnya, penting untuk dilakukan kolaborasi antara sekolah dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan sumber daya siswa maupun guru. Pada kegiatan ini, narasumber menyampaikan materi terkait pengenalan biodiversitas dan pentingnya menjaga biodiversitas. Selanjutnya pada materi kedua disampaikan materi mengenai teknik fotografi pada hewan dan tumbuhan. Untuk meningkatkan skill fotografi, juga dilakukan praktik fotografi di sekitar lokasi PKM.

Sebagai keberlanjutan dari kegiatan PKM ini, tim PKM bekerjasama dengan sekolah untuk kedepannya melaksanakan kegiatan lomba fotografi hewan dan tumbuhan. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi pelajar untuk mendokumentasikan berbagai jenis tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitarnya.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza