PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Sambut 12.023 Mahasiswa Baru, PKKMB UNP 2024 Resmi Dibuka

Tanamonews.com, Padang - Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Padang (UNP) resmi dibuka oleh Rektor Krismadinata, Ph.D hari ini, Senin (12/8/2024) di Auditorium UNP Kampus Air Tawar. Tercatat 12.023 siswa baru bakal mengikuti PKKMB yang dibagi ke dalam empat gugus berlangsung dari tanggal 12-20 Agustus 2024.

Selamat datang kepada mahasiswa baru Universitas Negeri Padang, para generasi hebat, para calon ilmuwan hebat, calon gubernur, calon walikota, calon diplomat hebat, calon anggota dewan dan calon pengusaha hebat. Kami yakin generasi-generasi hebat ini yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini,” sambut Rektor Kris.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia yang dalam hal ini Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt mengatakan bahwa, pada gugus I yang digelar hari ini hingga besok, Selasa (13/8/2024) diikuti oleh 3.000 mahasiswa baru. Kemudian gugus II dan III juga diikuti oleh 3.000 mahasiswa baru dan   gugus IV 3.023 mahasiswa dimana setiap gugusnya dilaksanakan dalam dua hari hingga selasa mendatang (20/8/2024).

“PKKMB ini adalah langkah awal dari perjalanan panjang Anda di dunia perguruan tinggi. Di sini, Anda tidak hanya akan memperoleh ilmu pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai, etika, dan pengalaman hidup yang akan membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih siap menghadapi tantangan global,” paparnya.

Rektor juga mengingatkan kepada para mahasiswa untuk tidak terjebak pada hedonisme. Menurutnya, hedonisme hanya akan menyampaikan pada permasalahan yang bisa mengganggu tujuan perkuliahan mahasiswa. “Misalnya melihat teman memakai ponsel yang bagus, pingin. Lalu beli ponsel dengan menggadaikan laptop atau kendaraan. Ujung-ujungnya tidak bisa membayar cicilan lalu mengakses pinjaman online (pinjol) ilegal, masalahnya tambah kacau,” ujarnya.

Krismadinata juga mewanti-wanti mahasiswa baru agar berhati-hati dalam memilih pergaulan agar tidak terjebak dalam kegiatan negatif. Diantaranya adalah penipuan, perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Dalam kesempatan itu ia juga memperkenalkan seluruh pimpinan kampus kepada mahasiswa baru mulai dari Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Senat Akademik (SAU) hingga Wakil Rektor, Dekan, Direktur dan sejumlah pimpinan   di Lingkungan UNP. Rektor juga menyampaikan materi mengenai kiat sukses belajar di perguruan tinggi.

Pada PPKMB gugus I , mahasiswa baru akan diberikan sejumlah materi mengenai pengenalan kampus. Pada hari pertama diberikan materi Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Pelayanan, Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan oleh Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt. Fasilitas dan manfaat Unit Kesehatan Kampus, Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) dan Kesadaran lingkungan hidup, manajemen risiko, dan kampus sehat oleh dr. Lily Yanwar dan Mira Mariny, A.Md.Keb.

Kemudian P4GN oleh BNNP Sumbar, Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pelatihan kesadaran bela negara dari Korem 032/Wirabraja dan di sesi terakhir Career Planning dan Entrepreneurship oleh Prof. Ganefri, Ph.D. Pada hari kedua para mahasiswa baru akan dikenalkan mengenai UPT Bahasa, UPT Perpustakaan, Kesehatan Mental, Literasi Keuangan, PPKS, Pengembangan Karakter Mahasiswa, MBKM dan terakhir pengenalan Organisasi Mahasiswa.

Turut tampak hadir dalam acara itu Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor I,II, III dan IV, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Kepala dan Sekretaris Badan, Kepala Biro Selingkungan, Kepala dan Sekretaris SPI dan Kepala UPT, Kepala Pusat, Kepala Kantor.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza