PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

PKKMB Hari ke-6, LDTI: UNP Kampus Pertama Berikan Layanan Internet Gratis Diakses Mahasiswa di Indonesia

Tanamonews.com, Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi kampus pertama di Indonesia yang memberikan layanan akses internet gratis melalui jaringan WiFi ID bagi seluruh civitas akademiknya termasuk mahasiswa. Mahasiswa UNP dapat mengakses internet di mana saja dengan memanfaatkan jaringan WiFi ID ini, dan uniknya mereka dapat membuat voucher login sendiri melalui portal akademik tanpa perlu izin. 

"UNP adalah kampus pertama di Indonesia yang menyediakan layanan internet gratis seperti ini. Mahasiswa tak perlu lagi membeli voucher, mereka bisa bikin sendiri. Adik-adik semua harus bangga ini," ujar Mohamad Amin, S.Kom., M.Pd.T ., dari UPT. Layanan data dan teknologi informasi (LDTI) UNP saat menyampaikan materi pada hari keenam rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Minggu (18/8/2024).

Dalam kegiatan yang dimoderatori oleh Abror, SE, ME, Ph.D., ia juga mengatakan mahasiswa baru harus banggaan menjadi mahasiswa UNP. Selain inovasi dalam akses internet, mahasiswa UNP juga diberikan email resmi dengan domain @student.unp.ac.id sebagai identitas digital mereka. 

Mohamad Amin menjelaskan bahwa berbagai layanan akademik di UNP kini sudah sepenuhnya online, mulai dari proses daftar ulang, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui Virtual Account (VA) di Bank Nagari, hingga pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang mencakup informasi jadwal kuliah , Dosen, dan lokasi perkuliahan.

"UNP adalah pelopor dalam penggunaan Virtual Account di Bank Nagari untuk pembayaran UKT. Setiap mahasiswa memiliki nomor rekening yang berbeda untuk setiap tagihannya. Ini adalah salah satu bentuk kemudahan yang disediakan oleh UNP untuk para mahasiswanya," tambahnya yang disambut antusias oleh peserta PKKMB Gugus 3 .

Selain itu, mahasiswa juga dapat mengakses berbagai layanan akademik lainnya, seperti pengajuan surat akademik atau permohonan cuti kuliah, semuanya melalui laman portal.unp.ac.id. Portal tersebut juga menjadi platform utama untuk e-learning, tempat di mana siswa dapat melakukan pembelajaran yang berani. Dengan berbagai layanan inovatif ini, UNP menegaskan komitmennya dalam memberikan kemudahan dan dukungan penuh bagi para mahasiswa, menjadikan mereka lebih bangga sebagai bagian dari civitas akademika UNP.

Selain itu ia juga mengingatkan pentingnya memastikan data siswa baru terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), karena semua layanan akademik, seperti Penomoran Ijazah Nasional (PIN), Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL), Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) BAN -PT, hingga program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), terhubung dengan PDDikti.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza