PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Laksanakan UNP Peningkatan Keterampilan Pokdarwis di Nagari Sungai Nyalo untuk Pariwisata Berkelanjutan

Tanamonews.com - Telah diadakan pelatihan public speaking oleh tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Padang yang diketuai oleh Evelynd, SIKom,. M.Comn.&MediaSt. di Pantai Paku Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie, Kab. Pesisir Selatan pada Kamis, 15 Agustus 2024. Pelatihan ini merupakan strategi untuk meningkatkan kompetensi SDM Pokdarwis di Sungai Nyalo sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang berkembang di Sumatera Barat.

Pokdarwis merupakan unsur utama sebagai penggerak pariwisata, penting untuk meningkatkan keterampilan SDM nya terutama kemampuan komunikasi bagi pemandu wisata, penyedia jasa dan layanan wisata,” ungkap Evelynd dalam Berbagainya. Arahan juga disampaikan oleh Prof. Siti Fatimah selaku Ketua Program Pengembangan Nagari Binaan bahwa partisipasi dari Pokdarwis sebagai kelompok sasaran pada kegiatan ini dapat menjadi langkah dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi tentang pariwisata berkelanjutan yang disampaikan oleh M. Alfikri, perwakilan dari Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) Padang. Selanjutnya sebanyak 15 orang anggota Pokdarwis dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan FGD yang dipandu oleh beberapa fasilitator. Usai FGD, dilanjutkan dengan kajian kasus tentang permasalahan yang dihadapi oleh Pokdarwis dalam menerima kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara di Sungai Nyalo.

Para fasilitator juga mempersiapkan beberapa skenario tentang kepariwisataan dan masing-masing kelompok mempersiapkan strategi komunikasi untuk menyelesaikannya yang kemudian dipresentasikan dalam role play. Skenarionya antara lain tentang edukasi wisata, penerbitan paket-paket tur, bagaimana berkomunikasi dengan turis asing, serta menindak pelanggaran yang terjadi di tempat wisata. 

Turut hadir Ketua Badan Musyawarah Nagari Sungai Nyalo, Bapak M. Sudion yang mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini. Beliau berharap ilmu yang didapat oleh para Pokdarwis membawa dampak positif pada pariwisata di Sungai Nyalo. Kegiatan ini terintegrasi pada Program Pengembangan Nagari Binaan (PPNB) Sungai Nyalo menuju wisata berkelas dunia.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza