PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

KPU Kab.Pasaman Umumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS)

Pasaman, tanamonews.com - Dalam upaya mempersiapkan Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman melaksanakan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Minggu, 11 Agustus 2024, di Aula Arumas Hotel Lubuk Sikaping.

Dalam kesempatan ini, KPU Pasaman mengumumkan jumlah DPS yang ditetapkan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, serta Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, mencapai 219.472 pemilih, dengan perincian 109.111 laki-laki dan 110.361 perempuan. Ketua KPU Pasaman, Taufiq, menjelaskan bahwa data ini merupakan hasil dari proses pencocokan dan penelitian (Coklit) yang berlangsung dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

“Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilaksanakan pada 2 Agustus 2024, diikuti dengan rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 5 Agustus 2024,” jelas Taufiq.

Taufiq menambahkan bahwa penyusunan DPS melibatkan pemeriksaan mendetail terhadap data pemilih dari DPHP di tingkat kecamatan. Data tersebut kemudian disinkronkan untuk memastikan akurasi DPS yang ditetapkan.

“Proses ini penting untuk memastikan bahwa setiap warga Kabupaten Pasaman yang memenuhi syarat terdaftar dalam daftar pemilih untuk Pilkada serentak nasional 2024,” katanya. Selain itu, KPU juga sedang melakukan pemetaan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS), di mana setiap TPS dapat menampung hingga 600 pemilih untuk Pilkada, berbeda dengan Pemilu yang maksimal 300 pemilih.

“Dari 941 TPS pada Pemilu sebelumnya, untuk Pilkada kali ini jumlahnya akan berkurang menjadi 605,” imbuh Taufiq. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penetapan DPS, termasuk Bawaslu Pasaman dan semua jajaran terkait.

Rapat pleno dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Kapolres Pasaman, Dandim 0305/Pasaman, Kajari, Ketua PN, serta perwakilan dari Kakan Kesbangpol, Kadisdukcapil, Bawaslu Pasaman, PPK se-Pasaman, dan awak media. (Anthon)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza