PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Kapolres Payakumbuh Pimpin Pelaksanaan Upacara Hari Juang Polri

Payakumbuh, Tanamonews.com - Bertempat di halaman Mapolres Payakumbuh, Polres Payakumbuh menggelar upacara mempringati hari juang Polri yang jatuh pada hari ini, Rabu (21/08). Di hadiri seluruh personil dan unsur Forkopimda Kota Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh AKBP Ricky Ricardo, S.I.K.S.H.M.H bertindak selaku Inspektur Upacara.

Hari juang Polri yang di sahkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Keputusan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024 dan Keputusan Kapolri Nomor KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 204 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri merupkan momen mengenang perjuangan para polisi dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menjaga keamanan negara.

Pemilihan tanggal 21 Agustus sebagai Hari Juang Polri pun bukan tanpa alasan. Pada 21 Agustus 1945, terjadi peristiwa Proklamasi Polisi Republik Indonesia yang dilakukan oleh Polisi Istimewa (sebelumnya Bernama Tokubetsu Keisatsutai) di bawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas I Moehammad Jasin.

Setelah proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, Menteri Dalam Negeri Otto Iskandar Dinata menetapkan status polisi segera dimasukkan ke kekuasaan Pemerintah Indonesia. Menyikapi hal tersebut, M Jasin sebagai Komandan Polisi Istimewa Surabaya mengadakan rapat bersama anggota lainnya membahas kedudukan polisi pasca proklamasi, kemudian disepakati pernyataan sikap kesetiaannya kepada Negara Republik Indonesia dengan menyusun teks Proklamasi Polisi.

Ini menjadi momentum ketika seluruh polisi di negeri ini bersatu dengan nama Polisi Republik Indonesia yang terlepas dan diperalat oleh penjajah Jepang pada saat itu. Dalam moment upacara yang berlangsung khidmat tersebut, Kapolres AKBP Ricky juga turut membacakan naskah Proklamasi Polisi. Berikut isi dari naskah Proklamasi Polisi yang di bacakan oleh AKBP Ricky Ricardo saat upacara peringatan hari juang Polri di Mapolres Payakumbuh.

Proklamasi Polisi

Untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan polisi sebagai Polisi Republik Indonesia

Surabaya, 21 Agustus 1945

Atas nama seluruh warga polisi

Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza