PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

HUT ke-355 Kota Padang, "Sinergitas Blue Economy and Green Economy " Menuju Kota Padang Maju

Padang, Tanamonews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355, Rabu, 7 Agustus 2024, bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai 2 DPRD Kota Padang, Jl. Bagindo Aziz Chan, Kel. Sungai Sapih, Kec. Kuranji, Bypass - Kota Padang.

Rapat paripurna istimewa Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 ini dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang dan juga dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah para pejabat Pemprov Sumbar, mantan Walikota dan Wakil Walikota Padang, tokoh masyarakat dan unsur Forkopimda dan sejumlah tamu penting baik yang berada di daerah maupun di rantau serta Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, Pj Sekretaris Daerah. Rapat Paripurna HJK Padang ke-355 dipimpin oleh Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Padang dan Sekwan Kota Padang Hendrizal Azhar. 

Selain itu tampak juga hadir, Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar; Pj Wako Payakumbuh, Suprayitno; Wako Solok, Zul Elfian, Mantan Wako Padang, Hendri Septa, Konjen Jepan di Medan, Takonai Susumu, Ketua TP-PKK Sumbar, Harneli Mahyeldi, jajaran Forkopimda Kota Padang, Jajaran Kepala OPD Pemprov Sumbar dan Pemko Padang, Camat dan Lurah se-Kota Padang, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya dan tampak juga hadir dalam rapat paripurna sebagai tamu kehormatan HJK Padang ke-355, Mantan Menteri ESDM RI yang saat ini menjabat Komisaris PLN, Archandra Tahar.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani mebuka rapat paripurna istimewa dengan agenda Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 tahun ini dengan mengangkat tema "Sinergitas Blue Economy dan Green Economy", buah alpokat, buah nanas, jatuh menimpa sicumi-cumi, mari kita tingkatkan “Sinergitas Blue Economy and Green Economy.” Tema ini sejalan dengan program pemerintah pusat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi menuju visi Indonesia Emas 2045. “Sinergitas Blue Economy and Green Economy sejalan dengan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Padang Tahun 2024-2045.” 

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, menambahkan Sinergisitas yang kuat antar DPRD dan Pemko serta dukungan dari Forkopimda serta seluruh lapisan masyarakat akan menjadi kekuatan besar dalam membangun kota ini. Mari bersama menjaga semangat keberagaman untuk kemajuan membangun Padang Kota Tercinta. Ini adalah Sidang Istimewa di ujung masa jabatan kami, kedepan kami titipkan lembaga ini kepada pemimpin selanjutnya. Dia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bersinergi demi Kota Padang yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sukses.

Dalam hal ini, Pemerintah Kota Padang meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-355 Kota Padang (1669-2024). Logo ini resmi diluncurkan oleh Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar. Andree Algamar mengatakan, HUT Kota Padang tahun ini mengangkat tema "Sinergitas Blue Economy and Green Economy" yang menunjukkan komitmen untuk bersinergi dengan seluruh elemen dalam meningkatkan perekonomian di bidang kemaritiman. 

Andree Algamar menambahkan, HUT Kota Padang tahun ini perdana dinyanyikan Proudly present "Mars Padang Kota Tercinta" Cipt. B. Andoeska yang dibawakan oleh Padang Bhahana Swara, paduan suara beranggotakan ASN Pemko Padang yang dinyanyikan pada Rapat Paripurna Memperingati Hari Jadi Kota Padang ke-355 di Gedung DPRD Kota Padang dengan Maskot Kota Padang yaitu Penyu, karena penyu umurnya panjang," katanya.

Ketua Panitia Peringatan HUT Kota Padang, Didi Aryadi, menyebutkan bahwa perayaan akan berlangsung selama tujuh hari, mulai 1-7 Agustus 2024, dengan kegiatan yang dipusatkan di Balai Kota Padang Aie Pacah, Kantor DPRD Kota Padang Sungai Sapih, dan Balai Kota Lama di Jalan M Yamin. Beberapa agenda kegiatan termasuk pameran dan expo, Padang Trail Runner, pembagian bendera merah putih, ziarah ke makam wali kota pertama Abu Bakar Jaar, tabligh akbar, festival Siti Nurbaya, lomba MTQ tingkat kota, pameran barang-barang peninggalan Rasulullah Nabi Muhammad SAW, dan pemutaran video mapping di Balai Kota lama.

Andree Algamar menyampaikan beberapa kegiatan yang digelar untuk memeriahkan HJK telah terlaksana seperti, peresmian Jalan Marah Roesli, Pawai Telong-telong, Pameran Artefak Rasulullah Muhammad SAW, dan pemberian penghargaan kepada 12 warga kota Padang yang terpilih dari berbagai elemen sebagai warga Kota Padang, dengan maksud tujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat agar berpartisipasi memajukan Kota Padang. Selain itu, penayangan video dokumentasi pembangunan Kota Padang yang ditayangkan langsung di ruangan sidang Paripurna dengan durasi video 3 menit 35 detik memaparkan kegiatan HJK Padang serta pencapaian dan peningkatan Kota Padang.

Dalam momentum Hari Jadi Kota Padang ke 355 tahun 2024. Pemko Padang juga memberikan penghargaan pada sejumlah tokoh yang telah banyak berkontribusi, berdedikasi dan mengabdi dengan hasil nyata untuk pembangunan Kota Padang. Penghargaan itu langsung disematkan oleh Pj Walikota Padang Andree Algamar di  Ruang Paripurna DPRD Kota Padang Aie Pacah Kota Padang.  “Selamat kepada Bapak/Ibu yang diberikan pin emas hari ini. Terima kasih atas dedikasi yang luar biasa bagi Kota Padang, semoga penghargaan ini dapat memotivasi tokoh-tokoh lain meningkatkan kontribusi nyata bagi Kota Padang,” harapan Andre Algamar.

Berikut Daftar nama Tokoh Kehormatan Kota Padang yang Menerima Pin Emas dan Penghargaan dari Pemko Padang dalam Rangka Hari Jadi Kota Padang ke 355 Tahun. Yaitu Gubernur Mahyeldi dan sebelas Tokoh Masyarakat Kota Padang antara lain, Rusli Marzuki Saria (Bidang Seni Budaya), Neldawati (Pemberdayaan Wanita), Musfi Yendra (Sosial), Indang Dewata (Lingkungan Hidup), Benny Abeng Law (Kemanusiaan), Yudha Putra (Kepemudaan dan Olahraga), Welfryda (Pengerak Koperasi dan UMKM), Gafar Salim (Pendidikan), Rizanda Machmud (Kesehatan), Asnel (Kemasyarakatan), dan Heranof Firdaus (Komunikasi dan Teknologi Informasi).

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani mengatakan, penyerahan piagam dan pin emas berlogo pemerintah Kota Padang tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka terhadap kemajuan dan kesejahteraan Kota Padang. “Pin Emas ini diberikan sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah atas dedikasi, kerja keras, serta komitmen yang luar biasa dalam memajukan Kota Padang. Selamat kepada Bapak/Ibu yang diberikan pin emas hari ini. Terima kasih atas dedikasi yang luar biasa bagi Kota Padang, semoga penghargaan ini dapat memotivasi tokoh-tokoh lain meningkatkan kontribusi nyata bagi Kota Padang,” ungkap Ketua DPRD Kota Padang.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menyebutkan bahwa peringatan HJK Padang ke-355 harus jadi momentum untuk terus memperbaiki Kota Padang, dan menjadikan kota ini sebagai Kota Inti Metropolitan di wilayah barat Indonesia. Oleh karena itu, seluruh pihak perlu belajar dari keberhasilan bahkan dari kegagalan, dalam segenap usaha membangun Kota Padang. Selain memaksimalkan potensi yang ada di ranah, Gubernur Mahyeldi juga mengingatkan segenap pihak untuk terus menjaga dan memaksimalkan komunikasi dengan rantau. Selain itu, peluang investasi dari sumber dalam dan luar negeri juga harus dimanfaatkan dengan menghadirkan kemudahan-kemudahan regulasi bagi para investor.

"Optimalisasi peran perantau selama ini cukup efektif, tapi investasi dalam maupun luar negeri harus dapat dimaksimalkan. Hubungan ranah dan rantau juga menjadi salah satu fokus kita di Pemprov Sumbar, dan Tokoh-tokoh Minang di perantauan telah menyatakan kesiapan untuk membangun ranah ini," kata Mahyeldi lagi. Gubernur Mahyeldi juga menyampaikan harapannya pada HJK Padang ke-355 ini agar ke depannya dapat semakin baik di semua bidang. "Teruslah melakukan yang terbaik bagi masyarakat khususnya dalam mencapai target-target yang belum tercapai secara maksimal khususnya pembangunan di daerah dari Kota Padang," harap Mahyeldi. (Adv)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza