PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2024 - 2029 Dilantik, Irsyad Syafar Ketua Sementara DPRD Sumbar

Tanamonews.com - Padang l 65 (Enam puluh lima) orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat terpilih untuk masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna istimewa yang digelar di Ruang Rapat Utama kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat pada Rabu (28/8/2024). 

Prosesi pengambilan sumpah/janji 65 Anggota DPRD Sumbar yang baru itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumbar periode 2019-2024, Supardi yang didampingi Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar, Suwirpen Suib, Indra Dt Rajo Lelo dengan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Wagub Sumbar Audy Joinaldy unsur Forkopimda, dan tamu undangan lainnya.

Pengambilan sumpah dan janji Anggota DPRD Sumbar periode 2024-2029 dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang Ade Komarudin. Para Anggota DPRD Sumbar terpilih yang berasal dari berbagai partai politik ini diambil sumpah/janjinya sesuai dengan agama masing -masing.

Rapat Paripurna itu diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024. Setelah itu, dibacakan SK Mendagri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Sumbar periode 2024-2029. Dalam prosesi tersebut, mereka berikrar untuk menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, serta berkomitmen untuk bekerja demi kepentingan rakyat dan memajukan pembangunan di Sumatera Barat.

Ketua DPRD Sumbar periode 2019-2024 Supardi dalam sambutannya mengingatkan pentingnya sinergi antara DPRD dan Pemerintah Daerah dalam mengawal pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Diharapkan agar para Anggota DPRD yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dengan penuh integritas, transparansi, dan akuntabilitas", harap Supardi.

Pengambilan sumpah/janji ini menandai dimulainya masa bakti Anggota DPRD Provinsi Sumbar periode 2024-2029. Dalam Rapat tersebut juga langsung ditetapkan Pimpinan DPRD Sumbar sementara yaitu Irsyad Safar sebagai Ketua dan Eviyandri Rajo Budiman sebagai Wakil Ketua. Setelah dilantik, Ketua sementara DPRD Sumbar Irsyad Safar menyampaikan pidato perdananya.

Irsyad Syafar mengatakan, "Baru saja kita telah mengikuti pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2024-2029 serta penyerahan Pimpinan DPRD masa jabatan tahun 2019-2024 kepada Pimpinan Sementara DPRD masa jabatan tahun 2024-2029." Irsyad Syafar melanjutkan, "Dengan telah dilakukan pengucapan sumpah/janji sebagai Anggota DPRD, maka secara resmi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat masa jabatan tahun 2024-2029, telah dapat melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan sebagai Anggota sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2024 terutama kepada saudara-saudara yang tidak melanjutkan kembali pengabdian sebagai Anggota Dewan, atas pengabdian dan karya yang telah saudara berikan kepada daerah dan masyarakat Sumatera Barat selama mengabdi sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat", ujar Irsyad Syafar.

"Semoga segala pengabdian dan karya saudara dapat memberi manfaat yang maksimal bagi kepentingan daerah dan masyarakat serta mendapatkan ridho dan pahala di sisi Allaah SWT, amin," harap Irsyad Syafar. Dalam kesempatan itu, Irsyad Syafar juga mengharapkan seluruh masyarakat Sumatera Barat, agar suasana yang kondusif pasca Pemilihan Umum Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden, tetap dapat terjaga sehingga penyelenggaraan pembangunan daerah dapat terus berlangsung dengan baik. 

"Perbedaan pilihan yang terjadi dalam proses Pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden kemaren, adalah merupakan sebuah dinamika dalam penyelenggaraan kehidupan berdemokrasi", tutur Irsyad Syafar. Menurut Irsyad, hasil dari proses pemilihan tersebut, adalah menjadi milik bersama. Irsyad Syafar menegaskan, "Setelah kita duduk di lembaga DPRD ini, tidak lagi membeda-bedakan mana yang memilih dan mana yang tidak memilih kita. Semuanya sama, kita mengabdi dan berkarya untuk masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia."

Irsyad Syafar melanjutkan, "Hasil yang telah dicapai oleh Anggota DPRD periode 2019-2024 tersebut, akan menjadi acuan dan pedoman bagi Anggota Dewan periode 2024-2029 dalam menjalankan tugas-tugas kedewanan." "Harapan kami kepada rekan -rekan Anggota DPRD periode 2024-2029, kiranya kita dapat lebih meningkatkan kinerja kedewanan sehingga apa-apa yang telah dihasilkan oleh Anggota Dewan periode 2019-2024 dapat lebih ditingkatkan", pungkas Irsyad Syafar.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza