PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tim PKM-RSH UNP ciptakan IMPULSCARD : Inovasi Permainan Monopoli dalam Menurunkan Perilaku Pembelian Impulsif di Marketplace

Tanamonews.com - Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) 2024 Universitas Negeri Padang menciptakan permainan IMPULSCARD yang merupakan inovasi permainan monopoli sebagai media edukasi dalam menurunkan perilaku pembelian impulsif di marketplace pada siswa SMA di Kota Padang. 

Permainan karya lima mahasiswa UNP   yaitu Ikelara Aritonang, Salsabila Fajriati Huda, Mey Lani Rudita Lia, Selvia, dan Devi Yopita Sipayung itu hadir sebagai solusi mengatasi dalam maraknya tindakan pembelian impulsif atau pembelian impulsif ketika ada promo gratis ongkir, diskon besar-besaran, ada iming -meniming edisi terbatas, dan dorongan yang sangat besar untuk pembelian. 

Kegiatan penelitian ini dilakukan di ruangan Departemen Psikologi UNP pada Rabu (17/7/2024). Penelitian ini   juga didampingi oleh Mario Pratama, S.Psi., M.A selaku dosen pembimbing. Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 orang siswa SMA di Kota Padang, dengan 3 orang kelompok eksperimen & 3 orang kelompok kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling.

Mengetahui permainan Impulscard menggabungkan permainan kartu dan permainan monopoli. Adapun keunggulan dari permainan IMPULSCARD ini yaitu menawarkan pendekatan yang edukatif dan interaktif dengan menggabungkan elemen edukasi dan hiburan pada saat siswa bermain, sehingga siswa dapat merasakan kondisi belajar dalam penggunaan uang sambil bermain. 

Selain itu arena permainan IMPULSCARD juga disajikan dalam bentuk boardgame yang menarik sesuai dengan trend saat ini. Dalam set permainan IMPULSCARD ini juga terdapat panduan modul eksperimen dan manual book yang bisa menjadi pegangangan oleh tim peneliti sebelum melakukan eksperimen.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza