PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Situjuah Limo Nagari Deklarasi ODF Bupati Safaruddin, Wujudkan Lima Puluh Kota Sehat

Tanamonews.com - Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengatakan penyelenggaraan kegiatan Sanitasi Total Bersumberdaya Masyarakat (STBM) menjadi ujung tombak terwujudnya Kabupaten Sehat bagi seluruh masyarakat, sehingga diharapkan komitmen dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, Senin,(15/7) pada Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Kantor Balai Adat Nagari Situjuah Tungkar.

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna, Kepala BAZNAS, Camat Situjuah Limo Nagari, Forkopimca, Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua KAN, Ninik Mamak Bundo Kanduang, Kepala Jorong dan tokoh masyarakat. “Upaya menumbuhkan kesadaran pola hidup kepada masyarakat tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun harus selalu dilakukan secara berkesinambungan", ujar Safaruddin.

“Untuk itu, dibutuhkan upaya bersama, mulai dari masyarakat nagari, pemerintah nagari dan kecamatan serta stakeholder terkait untuk melakukan tugas dan fungsinya dalam upaya mewujudkan Stop Buang Air Besar Sembarangan, tambah Safaruddin. Dalam sambutannya, Wali Nagari Situjuah Tungka Yusrizal Dt Pado mengungkapkan sesungguhnya apa yang telah dicapai melalui deklarasi tersebut adalah sebuah proses panjang yang melibatkan peran banyak pihak, dimana tidak mudah merubah perilaku masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan.

“Ini merupakan suatu prestasi dimana bisa sampai ke tahap ini karena ada peran dari seluruh masyarakat dan Dinas terkait serta Puskesmas dan jajarannya,” ungkap  Yusrizal Dt Pado. Yusrizal Dt.Pado menambahkan dampak buang air besar sembarangan cukup besar, selain mengotori lingkungan juga dapat menjadi sumber penyebaran penyakit. Dengan telah digelarnya Deklarasi ODF Kecamatan Situjuah Tungkar diharapkan derajat kesehatan masyarakat meningkat.

“Melalui Deklarasi ini diharapkan masyarakat Situjuah Tungkar dapat hidup lebih bersih dan sehat serta perilaku stop buang air besar sembarangan dapat berlanjut seterusnya", harap Yusrizal Dt.Pado. Deklarasi ODF Kecamatan Situjuah Limo Nagari ditandai dengan penandatanganan pernyataan deklarasi oleh Kepala Dinas Kesehatan, Camat Situjuah Limo Nagari, Wali Nagari , Kepala Puskesmas dan Forkopimca, Tokoh Masyarakat ( Ketua Bamus, Ketua KAN), Kepala Jorong, PKK , Kader Kesehatan.

Pada kesempatan itu diserahkan Sertifikat Deklarasi ODF oleh Bupati Safaruddin kepada Wali Nagari Situjuah Tungka dan Camat Situjuah Limo Nagari. Penyerahan bantuan jamban keluarga dari BAZNAS berupa 20 WC sehat kepada Wali Nagari Situjuah Tungkar dan Wali Nagari Situjuah Banda Dalam. Penyerahan Kartu Keikutsertaan Jaminan Kesehatan peserta baru sebanyak 435 jiwa untuk Nagari Situjuah Tungkar dan Kecamatan Situjuah Limo Nagari sebanyak 1.240 jiwa.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza