PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Sebanyak 1.400 Mahasiswa dan Guru Pembimbing PPG Prajabatan Mengikuti Workshop Lesson Study

Tanamonews.com - Selama dua hari, Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Workshop Lesson Study bagi mahasiswa dan guru Pamong PPG Prajabatan di Universitas Negeri Padang. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel UNP & Convention dan Aula Sekolah Pascasarjana UNP tersebut berlangsung mulai tanggal 10 – 11 Juli 2024 lalu.

Yang diikuti oleh sebanyak 1.161 orang mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023/2024 dan 239 orang Guru Pamong PPG UNP. Dalam sambutannya saat membuka acara, Direktur Sekolah Pascasarjana, Prof. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph. D menyampaikan bahwa Workshop Lesson Study ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dan guru Pamong Prajabatan PPG di Universitas Negeri Padang dengan pengetahuan dan keterampilan tentang Lesson Study sebagai berikut: upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalitas guru serta mewujudkan Kesejahteraan Sekolah.

Workshop Lesson Study yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan narasumber dosen alumni program UNP STOLS JICA Jepang yang telah mendapatkan beasiswa short course ke Jepang untuk mempelajari Lesson Study langsung ke negara asalnya dan mendapat sertifikat sebagai ahli Lesson Study dari JICA Jepang. Koordinator tim narasumber, Dr. Nofrion, M. Pd yang sehari-hari adalah Kepala Subdit. Inovasi Pembelajaran dan MBKM, Direktorat Akademik UNP memaparkan bahwa narasumber berjumlah enam orang. 

Yaitu Dra.Fitrani Dwina,M. Ed (Alumni STOLS JICA Jepang tahun 2013), Dr. Nofrion, M. Pd dan Dr. Marwan, M. Si (Alumni STOLS JICA Jepang Tahun 2014), Dr. Muhyiatul Fadhilah,M. Si (Alumni STOLS JICA Jepang 2016), Prof. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph. D (Alumni STOLS JICA Jepang tahun 2017) dan Dr. Zul Amri, M. Ed (Tim STOLS Indonesia). Lebih lanjut, Dr. Nofrion, M. Pd yang baru saja terpilih sebagai Sekretaris Umum Pengurus Pusat Asosiasi Lesson Study Indonesia/ALSI mengatakan bahwa selama dua hari materi lokakarya meliputi; 1) Filosofi Lesson Study, 2) Desain Bab dan Desain Pelajaran, 3) Kelas Terbuka/Buka Kelas dan Teknik Observasi dan Dokumentasi, 4) Refleksi dan Redesain dan 5) Komunitas Belajar di Sekolah Berbasis Lesson Study untuk mewujudkan Kesejahteraan Sekolah.

Wakil Direktur 1 SPs UNP, Prof. Dr. Indang Dewata, M. Si, didampingi Wakil Direktur 2 SPs UNP, Prof. Dr. Oriza Chandra, MT dan Koordinator Program Studi PPG UNP, Dr. Andromeda, M. Si menjelaskan bahwa seluruh peserta Workshop dilengkapi dengan Workshop Kit dan Buku Panduan Penerapan Lesson Study guna Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Workshop juga diisi dengan praktik Open Class yang memberikan pengalaman berharga kepada peserta untuk mengobservasi aktivitas pembelajaran yang diajarkan kepada peserta secara tepat dan akurat sehingga konstruktivis dapat merumuskan kembali desain pembelajaran.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza