PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan Kemenag Kota Sawahlunto Jalin Kerjasama untuk Tingkatkan Pendidikan

Tanamonews.com, Sawahlunto - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar resmi menjalin kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sawahlunto. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Dekan FTIK, Prof. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd., dan Kepala Kemenag Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag., M.A., di Aula Kantor Kemenag Sawahlunto. 24 Juli 2024.

Prof. Dr. Suswati Hendriani menyampaikan, "Kami sangat antusias dengan kerjasama ini karena kami percaya sinergi antara FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan Kemenag Kota Sawahlunto akan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di daerah ini. Kami berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di bidang sains, dan mempersiapkan generasi muda untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi."

FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar memiliki 14 program studi, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bimbingan Konseling, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Prodi Matematika serta Biologi. Enam program studi telah terakreditasi unggul: PAI, PBA, PBI, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, dan MPI.

H. Dedi Wandra, S.Ag., M.A., Kepala Kemenag Kota Sawahlunto, menambahkan, "Kerjasama ini adalah langkah strategis untuk memperkuat pendidikan madrasah di Kota Sawahlunto. Dengan dukungan FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar, kami yakin siswa madrasah akan lebih siap dan percaya diri menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun ini. Kami berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang meningkatkan mutu pendidikan di kota ini."

Acara ini juga bertepatan dengan kegiatan latihan untuk peserta dari Sawahlunto yang akan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Sumatera Barat tahun 2024. Pelatih KSM langsung diminta dari FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar, yaitu Nola Nari, S.Si., M.Pd. (dosen tadris matematika), Hadiyati Idrus, M.Sc. (dosen tadris fisika), Rahma Joni, M.Si. (dosen tadris kimia), dan Hitdayaturahmi, M.Pd. 

Dalam kegiatan tersebut hadir Kasi Penmad Syafruddin, M.Pd., Pengawas Madrasah Marzuan, M.Pd., Kepala MAN Kota Sawahlunto Yustar, S.Pd., M.Pd.Kim., Kepala MTsN 1 Kota Sawahlunto Indra Gani, S.Pd., M.Pd., serta guru pembina KSM dari sepuluh madrasah di Sawahlunto. Selain itu, acara ini dihadiri oleh seluruh peserta KSM tingkat Provinsi dari Kota Sawahlunto yang berjumlah 20 orang. Mereka akan bersaing dalam 14 cabang lomba pada kompetisi tersebut.

Dr. Muhammad Yusuf Salam wakil dekan 3 juga menambahkan, “Kerjasama ini juga membuka peluang besar bagi pengembangan riset dan inovasi di bidang pendidikan. Kami optimis, dengan kolaborasi yang erat ini, kita dapat melahirkan generasi yang unggul dan berprestasi, tidak hanya di tingkat regional tetapi juga nasional."

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza