PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Bupati Sabar AS, Berkomitmen Tuntaskan SBS untuk Pasaman yang Lebih Baik dan Bermartabat

Padang, Tanamonews.com - Komitmen ini disampaikan Sabar AS pada saat acara Dialog dan Penandatanganan Komitmen Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) yang dibuka oleh Mahyeldi Gubernur Sumatera Barat di Auditorium Istana Gubernur Sumatrra Barat, Selasa (16/07/24).

Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Penggendalian Penyakit Kementrian Kesehatan RI, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Direktur SUPD Il Kementerian Dalam Negeri, Direktur Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Pokja PPAS) Kementerian Bappenas, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah, Ketua Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi Se-Indonesia (AKKOPSI), Sejumlah OPD Propinsi Sumatera Barat, 7 orang Bupati se Sumatera Barat dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Sabar AS juga menyampaikan, ada lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diterapkan di Kabupaten Pasaman ditengah masyarakat, diantaranya stop buang air besar sembarangan,  cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengkonsumsi air minum yang telah diolah, mengolah sampah dan limbah rumah tangga dengan baik.

Lanjut, Sabar AS mengatakan, banyak upaya telah dan akan terus dilakukan untuk mencapai target SBS dan juga akses sanitasi aman di Kabupaten Pasaman. Semua upaya tersebut bisa dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu penciptaan permintaan akan sanitasi (demand creation), peningkatan penyediaan sanitasi (improving supply), dan penciptaan lingkungan yang kondusif dan supportif (enabling environment), ucapnya.

"Komitmen Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mengatasi masalah sanitasi terus dilakukan dengan berbagai upaya, termasuk penganggaran yang cukup di APBD Pasaman disepanjang tahun", kata Sabar AS.

Kemudian, Bupati Sabar AS mengatakan melalui Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya, pada tahun 2022 telah dilakukan pemutakhiran dokumen Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) dan selanjutnya pada tahun 2023 telah dilakukan pendampingan implementasi dan dilakukan MOU percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dengan Camat dan Nagari se Kabupaten Pasaman, diawal tahun 2014  telah dilakukan study Ehra dengan adanya penerbitan Buku Putih Sanitasi, ditargetkan tahun 2024 ini kabupaten Pasaman bisa kita SBS kan, imbuhnya.

Selain itu Sabar AS juga menjelaskan, di Kabupaten Pasaman ada 8 (delapan)   Nagari yang sudah termasuk ODF,  sementara itu untuk yang akan dijadikan ODF ada 14 (empat belas), dalam hal ini Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman tahun ini juga telah membangun jamban pribadi dan tangki septik dibeberapa Nagari.

Demikian juga halnya dengan TP PKK Kabupaten Pasaman, telah memberikan kontribusi terhadap SBS,  dengan melaksanakan Tabungan Jamban (dalam bentuk arisan jamban), dimana kegiatan ini telah dilombakan pada tingkat Kabupaten sampai Nasional,  dengan menggunakan dana dari masyarakat,  jelas Sabar. "Tantangan-tantangan yang menghambat pencapaian target bisa dikelompokkan menjadi tantangan yang bersifat pendanaan, teknis, kelembagaan, sosial, dan lingkungan", tutup Sabar AS.

Pada waktu yang sama, Arma Putra Kadis Kesehatan Kabupaten Pasaman mengatakan, penunjang suksesnya dari SBS ini,  juga telah dilakukan semacam kegiatan wirausahawan sanitasi bekerjasama dengan Hakli dan Da'i Sanitasi untuk membina dan melatih Wira Usaha Tani (wusan) serta memberikan penyuluhan tentang sanitasi dan kesehatan kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pasaman.

Panitia pelaksana pada saat acara memaparkan, Dialog ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor. 600.10.2/1451/Bangda tanggal 26 Februari 2024 tentang Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) di 10 Provinsi, serta Surat Gubernur Sumatera Barat Nomor 1503/Kesmas/Dinkes/V/2024 tentang Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) di 9 Kabupaten se- Provinsi Sumatera Barat.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza