PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tahun 2023, Bukittinggi Tercepat Turunkan Angka Kemiskinan di Sumbar

Bukittinggi, Tanamonews.com - Berbagai program dan inovasi yang dilakukan Pemko Bukittinggi dalam rangka percepatan peningkatan perekonomian pasca pandemi Covid19, menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari data BPS Sumbar, Bukittinggi menjadi kota tercepat menurunkan angka kemiskinan di Sumbar di tahun 2023.

Terdapat 10 dari 19 wilayah administratif pada tahun 2023 yang mengalami penurunan persentase penduduk miskin dari tahun sebelumnya. Dari 10 wilayah administratif itu, Kota Bukittinggi mengalami penurunan paling cepat yakni 7,85 persen dibanding kabupaten kota lainnya di Sumbar di tahun 2023, ujar Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Senin,10 Juni 2024.

Menurut Wako Erman Safar, persentase penduduk miskin di Kota Bukittinggi mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir. Pada Maret 2023 tercatat Secara keseluruhan persentase penduduk miskin 4,11 persen. Terjadi penurunan pada jumlah penduduk miskin, dari 6,16 ribu jiwa menjadi 5,78 ribu jiwa, pada 2023.

Jika dilihat pada persentasenya mengalami fluktuasi dan menurun dalam dua tahun. Artinya, persentase penduduk miskin di Kota Bukittinggi mengalami penurunan dalam dua periode terakhir, ujarnya. Lebih lanjut Wako menjelaskan, penurunan jumlah penduduk miskin pada tahun 2023 itu, mengindikasikan bahwa pengurangan (migrasi) penduduk Kota Bukittinggi yang bekerja, jumlahnya sedikit dibanding orang yang tidak bekerja.

“Apabila dikaitkan dengan Garis Kemiskinan (GK), semakin tinggi garis kemiskinan juga menjadi faktor pendorong semakin bertambahnya jumlah dan persentase penduduk miskin,” pungkas Erman. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza