PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Pertunjukan Randai Dan Talempong Pacik Pukau Penonton Di Kampus Universita Napoli LOacuterientale Italia

Tanamonews.com, Napoli - Suasana Minang di kampus Universita' di Napoli LÓrientale Italia cukup mengkristal ketika pengunjung disuguhi Petunjukan Randai dengan judul Kaba Malin Cahyo, yang dipersembahkan seniman asli tradisi dari Perguruan Seni Tradisi Singo Barantai. Aroma Minangkabau kian kental manakala Petunjukan Randai disambut dengan musik talempong pacik yang dimainkan oleh Irwandi, Dodi Mirsal,dan Indrayuda. Nada khas pentatonik talempong pacik menyatu dengan bansi,saluang, dan sarunai. 

Pertunjukan dua babak Kaba Malin Cahyo Arah sutradara Prof. Indrayuda yang digelar pada, Kamis, 30 Mei 2024, di Sala de Il Canto di Virgilio, Napoli, Italia tersebut, merupakan rangkaian kegiatan kebudayaan yang digelar Universita' di Napoli LÓrientale bekerja sama dengan Oral Traditions Association Indonesia dan Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia.

Tempat yang sama, juga dilaksanakan kegiatan seminar dan lokakarya serta pertunjukan tradisi lisan dari kedua Negara, baik dari Universita' di Napoli Lórientale Department Asia, Africa and Mediterranean maupun dari Assosiasi Tradidi Lisan Indonesia. Jadwal kegiatan ini diagendakan berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 2 Juni 2024 di Napoli Italya.

Pada kegiatan seminar, pembicara dari Indonesia berasal dari berbagai Perguruan Tinggi seperti Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Air Langga, Universiti Sam Ratu Langi Manado, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Jember, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Satya Wacana , Salatiga dan juga dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, serta dari Ketua Assosiasi Tradisi Lisan Indonesia Dr. Pudentia, MPSS

Setiap pembicara membawakan makalah mengenai tradisi lisan masing-masing, begitu juga dari pihak Universita' di Napoli Lórientale, Departemen Asia, Afrika, dan Mediterranian. Pembicaraan dalam seminar ini mengangkat isu mengenai Sumbangsih Tradisi Lisan dalam Pembangunan Kebudayaan Indonesia dan sebgai bagian dari alat mempertahankan eksistensi eksistensi budaya Indonesia dalam era Disrupsi dan 5.0 serta menyikapi pemikiran generasi Z terhadap Kebudayaan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Indrayuda, S.Pd,M.Pd,Ph.D, membawakan artikel dengan judul: Fanatisme Seniman dan Masyarakat terhadap Seni Randai sebagai Identitas Budaya Minangkabau. Dalam pemaparannya, Prof. Indrayuda menjelaskan fanitisme orang Minangkabau terhadap budayanya, dengan menjaga dan mengembangkan Randai seiring dengan kemajuan zaman. Disebutkan, Randai tidak lagi utama di kampung-kampung atau di nagari, tetapi di era digital ini Randai juga dapat dipasarkan secara online. 

“Untuk menyesuaikan dengan arus perkembangan zaman di era 5.0 dan generasi Z ini, maka Randai perlu mengadopsi isu-isu masa kini, dan dikemas dengan selera pasar penonton yang bersifat universal,” tutur Prof. Indrayuda. Selain menyajikan makalah, Prof. Indrayuda langsung menyutradarai sebauh Petunjukan Randai dengan judul Kaba Malin Cahyo, yang bekerja sama dengan seniman asli tradisi dari Perguruan Seni Tradisi Singo Barantai. 

Pertunjukan Randai ini ditampilkan sebagai aplikasi dari hasil pemaparan makalah Prof. Indrayuda, S.Pd,M.Pd.,Ph.D. Makalah atau artikel itu sendiri merupakan hasil penelitian Prof. Indrayuda, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D di Universitas Negeri Padang bersama tim penelitian Dosen Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Kegiatan di Napoli ini merupakan rangakaian pertama dari Tour Eropah Prof. Indrayuda, S.Pd,M.Pd,Ph.D. bersama dengan Assosiasi Tradisi Lisan Indonesia dengan sponsor Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

“Selanjutnya tanggal 4 sampai . 10 Juni, kita akan mengikuti serangkaian kegiatan Tradisi Lisan lainnya di Leiden Universiti Belanda, dan juga rangakaian ketiga sebagai rangkaian kegiatan terakhir adalah mengikuti Sidang Warisan Budaya Tak Benda di Unesco di kota Paris Perancis dari tanggal 11-13 Juni 2024,” sebut Prof. Indrayuda.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza