PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Panitia Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029 Dibubarkan, Panitia Sampaikan Ikhtisar Kegiatan

Tanamonews.com, Padang - Panitia Pemilihan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Periode 2024-2029 dibubarkan oleh Ketua Majelis  Wali Amanat (MWA) UNP Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd, Kamis 20 Mei 2024 di Sky Lounge Hotel UNP, Kampus UNP Air Tawar Padang. Kegiatan yang lebih berbentuk ramah-tamah dan syukuran atas selesainya tugas yang diembankan kepada tim panitia, serta pembubaran panitia ini, selain anggota MWA juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan UNP, seperti Rektor, Ketua SAU, Wakil Rektor, dan Senior Eksekutif.

Ketua MWA UNP Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan “dengan rasa syukur pada Allah SWT, kerja tim panitia pemilihan telah selesai menjalankan tugas-tugasnya dan puncaknya kita telah melantik Rektor UNP Periode 2024-2029 pada tanggal 5 Juni 2024 yang lalu dan hari ini kita bubarkan, dan tentu kita berterimakasih pada panitia dan semua sivitas akademika UNP yang telah banyak membantu untuk kesuksesan kegiatan suksesi kepemimpinan di lembaga kita ini” kata mantan Rektor UNP tersebut. Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNP Prof. Dr. Alnedral, M.Pd, dalam laporan ikhtisar mengatakan “Dasar hukum Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029 bertumpu pada PP Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 114 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Padang. Pasal 3 menyatakan bahwa MWA berhak membentuk panitia pemilihan Rektor (PPR).

Berdasarkan SK panitia pemilihan Rektor oleh Ketua MWA Nomor: 018/UN35.MWA/HK/2024 terhitung mulai tanggal 18 Januari 2024 PPR sudah mulai bekerja. Adapun nama-nama yang ditugaskan oleh MWA sebagai PPR adalah: (1) Prof. Dr. Alnedral, M.Pd. (Ketua merangkap Anggota), (2) Dr. Zadrian Ardi, S.Pd., M.Pd., Kons. (Sekretaris merangkap Anggota), (3) Prof. Dr. Syafri Anwar, M.Pd. (Anggota), (4)  Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si. (Anggota), (5) Dr. Rosyeni Rasyid, S.E, M.E. (Anggota), (6) Prof. Dr. Usmeldi, M.Si. (Anggota), (7) Prof. Dr. Ir. Anni Faridah, M,Si. (Anggota), (8) Dr. Farah Aulia, S.Psi., M.Psi. (Anggota), (9) Dr. Yenni Hidayati, S.Pd, M.Pd. (Anggota), (10.) Dr. Hendra Hidayat, S.Pd., M.Pd. (Anggota), (11) Risdenovia, S.Pd., M.Pd. (Anggota). 

Peraturan MWA UNP Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Rektor Universitas Negeri Padang. Untuk itu PPR menyusun Timeline Pemilihan Rektor UNP 2024-2029 didasarkan atas regulasi dan peraturan Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pelantikan Rektor UNP. Untuk itu disusunlah Kegiatan berdasarkan kepada tiga tahapan, yaitu tahap Penjaringan, Penyaringan, dan Pemilihan. Timeline ini dirancang semenjak diterbitkan oleh MWA. Adapun rancangan kegiatan disusun sebagai berikut: tahap penjaringan, penyaringan, pemilihan dan Pelantikan.

Tahap penjaringan dari tanggal 19 Januari-25 Maret 2024 dengan kegiatan adalah; Sosialisasi Pemilihan Rektor, dilakukan sosialisasi secara internal kepada Dosen, tendik dan mahasiswa UNP melalui Luring dan daring via platform Zoom Meeting yang mengakomodasi lebih dari 1500 audiens. Sosialisasi Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029 secara eksternal dilakukan sifat terbuka melalui berbagai media, antara lain media cetak (baliho, flyer, dan koran) serta media elektronik (website resmi, media sosial, TV dan Radio). 

Pengumuman Pemilihan  Rektor UNP Periode 2024-2029 kepada calon yang memiliki persyaratan, Pendaftaran dan Penerimaan Berkas Bakal Calon Rektor secara offline dan online. Verifikasi Berkas Bakal Calon Rektor, Penyerahan Berkas Calon Rektor ke MWA, Penetapan dan Pengumuman Nama-nama Bakal Calon Rektor dan dilanjutkan Penyerahan Nama-nama Calon Rektor ke Senat Akademik Universitas (SAU), guna diadakan penyampaian Visi dan Misi kepemimpinan Rektor. 

Tahap penyaringan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 5-29 April 2024 dengan kegiatan adalah: Penerimaan Platform dari Bakal Calon Rektor dalam bentuk hard dan softcopy, Menyampaikan undangan kepada Bakal Calon Rektor untuk Forum Terbuka, Penyampaian Platform Bakal Calon Rektor di Forum Terbuka; Pembuatan Berita Acara Sidang Terbuka; Penyampaian Berita Acara Forum Terbuka ke MWA; Penyaringan Bakal Calon Rektor menjadi 3 (tiga) Calon Rektor; Penetapan dan pengumuman 3 (tiga) Calon Rektor. Tahap pemilihan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 30 April 2024 sampai 4 Juni 2024 adalah: Menyampaikan undangan kepada Calon Rektor untuk Sidang Khusus MWA Pemilihan Rektor; Pelaksanaan Sidang Khusus MWA Pemilihan Rektor Bersama Menteri; Pengumuman Calon Rektor Terpilih; Pelantikan Rektor periode 2024-2029. 

Pada tahapan penjaringan terjaringlah calon Rektor sebanyak 11 orang calon yang memiliki syarat untuk diajukan kepada sidang luar biasa MWA dengan nama-nama adalah sebagai berikut; (1) Prof. Dr. Ardipal, M.Pd dari FBS), (2) Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si. dari FMIPA, (3) Dr. Yulkifli, S.Pd., M.Si, (FMIPA), (4) Prof. Yohandri. M.Si., Ph.D, (FMIPA), (5) Dr. Yulhendri, SPd., MSi dari (FEB) (6) Dr. Ir. Krismadinata, S,T, M.T., dari  FT (7) Prof. Aldri Frinaldi, SH, M.Hum, Ph.D, (FIS), (8) Dr. Yaswinda, S.Pd. M.Pd., (FIP)  (9) Dr. Ir. Mulya Gusman, M.T (FT), (10) Dr. Hasrul, M.Si.(FIS), (11), dan Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt (FBS). 

Tahap penyaringan yang dilaksanakan pada sidang khusus MWA melalui Penyaringan Bakal Calon Rektor menjadi 3 (tiga) Calon Rektor melalui pemungutan suara untuk tiga suara terbanyak. Kegiatan ini dilangsungkan pada tanggal Adapun 3 (tiga) Calon Rektor yang ditetapkan adalah (1) Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T, dengan 13 suara, (2) Prof. Yohandri. M.Si., Ph.D dengan 11 suara, (3) Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt sebanyak enam (6) suara. Dokumentasi tiga calon yang terpilih adalah sebagai berikut:

Pada Tahap Pemilihan yang dilangsungkan pada Sidang Khusus MWA Pemilihan Rektor yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2024, hasil yang diperoleh sebagai peraih suara terbanyak atau pemenang adalah Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T yaitu 17 suara, sementara Prof. Yohandri. M.Si., Ph.D dengan perolehan suara enam (6) dan Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt sebanyak satu (1) suara. Dokumentasi perhitungan suara adalah sebagai berikut: Tepat tanggal 5 Juni 2024 Rektor terpilih melalui sidang luarbiasa MWA dilantiklah oleh ketua MWA bertempat di Auditorium UNP Bapak Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T sebagai Rektor UNP Periode 2024 sampai 2029.”

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza