PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Dorong Sumbar Jadi Pusat Halal, Minangkabau Halal Festival Kembali Digelar

Tanamonews.com, PadangDinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Sumatera Barat mengundang Media Cetak, Media Elektronik dan Media Online jumpa  Jumpa Pers Pelaksanaan Minangkabau Halal Festival II di Ruang Rapat Istana Gubernuran, Senin 27 Mei 2024.

Hal ini dikatakan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah 2nd Minangkabau Halal Festival menjadi agenda tahunan yang penting diadakan untuk mendorong pertumbuhan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat. Rangkaian acara dalam kegiatan ini tidak hanya sekedar pameran produk halal, melainkan juga menyediakan berbagai kegiatan edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya halal.

“Karena itu kami meminta bantuan dari rekan-rekan semuanya agar mau menyiarkan berbagai rangkaian acara dalam Festival Halal tersebut. Karena banyak kegiatan yang kita laksanakan, umumnya dipusatkan di Auditorium UNP, selain Halal Run yang starnya di Mesjid Raya dan Finisnya di Auditorium UNP,” ujar Gubernur.

Ditambahkan oleh Gubernur didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Endrizal, Kepala Biro Perekonomian Kuartini Deti Putri dan Putri dari Syakaa Organizer, menyebutkan  konsep dasar Minangkabau Halal Festival  merupakan wujud nyata komitmen Kami dalam mengembangkan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

“Makanya dengan mengusung semangat kolaborasi, provinsi Sumatera Barat menegaskan kesiapannya menjadi pendorong utama bagi perkembangan industri halal dan ekonomi syariah di Indonesia. Apalagi beberapa waktu lalu kita menjadi juara umum pada Anugrah Adinata Syarah tahun 2024,” ujar Gubernur.

Menurut Putri dari Syakaa Organizer, lebih dari 100 booth akan memamerkan produk-produk halal seperti kosmetik, busana muslim, makanan, properti syariah dan lain sebagainya. Selain itu para pengunjung juga dapat mengikuti serangkaian acara seperti pendampingan sertifikasi halal, olimpiade halal, seminar, talkshow, kajian, festival anak sholeh dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

“Kegiatan ini dimulai pada tanggal 30 Mei sampai dengan 3 Juni 2024 di Auditorium UNP. Salah satu kegiatan yang diadakan adalah halal run, dimana para peserta akan berlari kecil menuju Auditorium UNP. Diharapkan akan diikuti oleh berbagai komunitas, tentunya akan menarik perhatian dari banyak kalangan,” ujar Putri.

Target utama dari acara ini, tambah Putri lagi, adalah memberikan dukungan kepada UMKM untuk mempromosikan produk mereka dan menjalin hubungan dengan agen serta reseller baru. “Konsep expo eksekutif yang diusung oleh 2nd Minangkabau Halal Festival memungkinkan para pengunjung untuk tidak hanya berbelanja, tetapi juga belajar dan terlibat dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat,” tambah Putri.

Wapres RI Ma’ruf Amin dalam pembukaan resmi 1st Minangkabau Halal Festival tahun  2023 menyatakan pentingnya peran Sumatera Barat dalam industri halal. Ia menyatakan tekad untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai produsen halal terkemuda di dunia. Meski 1st Minangkabau Halal Festival tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Wapres, namun untuk 2nd Halal Festival belum ada kepastiannya. “Kalau memang tidak Wapres, kemungkinan besar Pak Menteri BUMN Erick Tohir yang membuka,” ujar Kadis Koperasi Endrizal.

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza